YouTube - Media promosi musisi Indie


YouTube, media promosi musisi Indie.




Funtwo A.K.A Kim Jeong Hyun



Mudah murah, efisien dan efektif = YouTube.

Siapa tidak mengenal situs video terbesar di dunia ini? Sejak kemunculannya tahun 2005 silam YouTube telah menyita perhatian publik dengan menyuguhkan saluran video gratis yang dapat ditonton melalui jaringan internet di seluruh dunia. Mengingat fungsi YouTube yang lekat dengan hiburan dan informasi, YouTube langsung menjadi trend saluran tontonan bagi publik di seluruh dunia menyaingi televisi, bahkan sekarang ini semua tayangan yang tampil di layar kaca dapat kita saksikan kembali di YouTube.



Dengan berkembangnya kebutuhan dan ketergantungan publik terhadap saluran YouTube fungsi YouTube pun mulai bertambah tidak lagi sebagai media hiburan saja, YouTube juga mulai difungsikan sebagai media referensi, promosi, bahkan eksistensi bagi kalangan tertentu seperti artis, musisi dan seniman indie yang tidak terekspos di media televisi maupun yang sudah eksis di dunia entertainment. Mari kita sebut beberapa artis dan selebritis yang memulai debut dan mendapatkan kesuksesannya melalui video YouTube.

Dalam skala internasional Justin Bieber pasti sangat familiar di telinga kita, melalui video yang diunggah orang tua Justin kini bocah cilik tersebut sukses menjadi penyanyi kelas dunia. Psy, meskipun di negara asalnya Ia sudah terkenal namun eksistensinya bertambah setelah ia mengunggah video Gangnam Style miliknya ke YouTube, publik dunia jadi mengetahui keberadaan Psy dengan Horse Dance nya, kini Psy menjadi salah satu idola dengan viewer terbanyak mencapai 2.6 miliar viewers!! Kemudian ada nama-nama seperti Lana Del Rey, Charice, Maddi Jane, lalu beberapa artis dan musisi internasional yang terkenal dengan meng-cover lagu-lagu hits dunia seperti Greyson Chance, Cody Simpson, Tiffany Alvord, dan sederetan nama-nama lainnya yang juga berhasil eksis dan mencapai kesuksesan berkat YouTube.

Artis dan musisi dalam negeri kita pun nggak ketinggalan lho, banyak nama-nama besar yang juga sukses memulai eksistensinya di dunia hiburan melalui media YouTube, nama-nama yang sempat ramai dibicarakan setiap orang dan menjadi viral di dunia maya dan kemudian merambah ke layar kaca. Sebut saja Isyana Sarasvati, yang kini namanya berada di deretan penyanyi papan atas ini mendapatkan eksistensinya melalui video-video cover yang diunggahnya ke YouTube, kemudian Raisa Andriana yang juga disebut-sebut sebagai penyanyi yang terkenal setelah mengunggah videonya ke YouTube, Yunita Rahman yang akrab disapa Yura, Budi Do Re Mi yang terkenal setelah mengunggah video musiknya yang bergaya Jason Mraz dengan lirik yang catchy.

Kemudian ada sederetan nama-nama yang bergelar ”Artis YouTube” yang juga terkenal eksistensinya karena mengunggah video ke YouTube yaitu, Norman Kamaru yang terkenal karena mengunggah video lipsync-nya saat bertugas sebagai anggota kepolisian berhasil membuat namanya ramai dibicarakan hingga membawanya ke pentas layar kaca, kemudian Sinta Jojo yang juga terkenal setelah mengunggah video lipsync mereka ke Youtube menyanyikan lagu Keong Racun yang sedang hits saat itu, lalu ada sederetan nama-nama seperti Udin Sedunia, Yoga Epse, dan banyak lainnya yang kemudian eksistensi mereka diakui dan disejajarkan dengan artis dan musisi-musisi yang kerap tampil di layar kaca.

Bukan hanya penyanyi, beberapa nama gitaris terkenal pun mengawali eksistensinya melalui video yang diunggahnya ke YouTube seperti Sungha Jung, Andy McKee, FuntwoA.K.A Lim Jeong Hyun yang terkenal dengan Canon rock dan gitaris dalam negeri seperti Gavin Iedema yang terkenal karena menjuarai kompetisi gitar yang digelar oleh salah satu produsen gitar kelas dunia Ibanez, dan mengunggah video-video bergitarnya ke YouTube .

Seiring berkembangnya teknologi dan kemudahan mengakses YouTube, sekarang sudah banyak sekali musisi dan seniman yang memanfaatkan Youtube sebagai media promosi, dikarenakan YouTube memiliki keunggulan-keunggulan seperti, Ekonomis, Efisien, dan Efektif.


Dari segi pembiayaan, promosi yang dilakukan menggunakan media YouTube terbilang jauh lebih murah dibandingkan dengan promosi di media televisi, radio, majalah ataupun koran yang membutuhkan biaya yang cukup besar hanya untuk menyewa slot iklan. Mulai dari produksi, video yang diunggah ke YouTube bisa dikerjakan secara independen atau ”DIY” Do It Yourself, tidak jarang juga kita temukan video yang dibuat hanya dengan menggunakan kamera handphone, efisien bukan? Kemudian dengan jumlah pengguna yang mencapai puluhan juta pasang mata di seluruh dunia, menjadikan YouTube sangat efektif digunakan sebagai media promosi, tentunya kita dianjurkan untuk menggunakan media promosi lainnya seperti media sosial, cetak hingga digital sebagai pendukung saluran YouTube kita.


Dengan keunggulan serta kemudahan yang dimiliki YouTube, membuka jalan dan peluang bagi siapa saja untuk mengukuhkan eksistensinya di dunia, mulai dari musisi, pelukis, entertainer, stand up comedian, photo & video grapher, politikus, penceramah, dan ratusan profesi lainnya.

Fenomena ini menimbulkan keterkaitan dalam trend industri musik indie, dimana penggunaan media YouTube telah sangat membantu banyak grup band indie yang bersifat komunitas, jauh dari standar industri major label, namun memiliki audience­-nya tersendiri, untuk dapat eksis dan terkenal di dunia musik. Semakin banyak band-band indie mengunggah video musik mereka ke YouTube, semakin banyak pula bermunculan band-band indie yang kini tidak perlu khawatir musiknya tidak diterima oleh khalayak, tidak perlu lagi mengkhawatirkan masalah untung rugi karena menghitung perbandingan budget produksi video klip dan promosi terhadap penjualan, hanya perlu fokus membuat dan mengunggah karya-karya yang bagus agar mendapat viewer yang banyak dan menjadi viral, kini semua band yang hanya memiliki modal kecil juga bisa eksis dan tampil di muka publik dunia.

Nah, ayo upload karya-karyamu ke youtube dan media berbasis internet lainnya, agar karyamu terekspos dan bisa dinikmati oleh publik sedunia, selamat mencoba.

Comments

Popular Posts